Wednesday, March 28, 2012

9 Fakta Unik Tentang Dinosaurus

Yang ganteng, cantik atau baik hati, share dong di FB. Klik Like-nya ya :) Anda pasti tahu tentang dinosaurus. Walau tak pernah melihatnya, Anda tentu tahu dari buku maupun film. Tapi tahukah Anda 9 fakta tentang hewan karnivora yang dapat bertahan hidup lebih dari 700 ribu tahun ini. Agar Anda dapat pamer dengan bercerita pada teman, berikut adalah 9 fakta tentang dinosaurus yang jarang diketahui:

1. Dinosaurus Terberat

Setara dengan berat 17 gajah Afrika (80 ton), Brachiosaurus adalah dino terberat sepanjang sejarah. Tinggi 16 meter dan panjang 26 meter, tak salah Brachiosaurus juga dicap sebagai dinosaurus terbesar.

2. Dinosaurus Terkecil

Ditemuakan fosil dinosaurus dewasa terkecil dengan ukuran sebesar ayam, yaitu Lesothosaurus. Dino ini adalah sejenis burung berpinggul kecil dan pemakan tumbuhan.

3. Telur Dinosaurus Terkecil

Telur dino terkecil yang pernah ditemukan adalah sepanjang 3cm. Namun peneliti belum tahu, dari spesies manakah telur ini berasal.

4. Dinosaurus Terpintar

Salah satu dino paling pintar adalah Troodon. Sehari-hari, Troodon berburu dino lainnya. Dia memiliki panjang sekitar 2m, dengan otak sebesar burung atau mamalia saat ini. Dia juga memiliki lengan yang mampu memegang. Wow, seperti manusia ya??

5. Dinosaurus Terbodoh

Bertolak belakang dengan Troodon, Stegosaurus yang memiliki otak sebesar kacang walnut merupakan dino terbodoh, dengan panjang hanya 3 cm dan berat 75 gram.

6. Dinosaurus Tertinggi

Dinosaurus tertinggi adalah kelompok Brachiosaurid dari sauropoda. Kaki depan yang lebih panjang dari kaki belakang, memberi mereka sikap seperti jerapah. Dikombinasikan dengan leher yang sangat panjang, membuat kelompok ini menelusuri pohon tertinggi. Salah satu yang paling tenar adalah Brachiosaurus yang tingginya sampai 13 meter. Jenis lainnya adalah Sauroposeidon, ia diperkirakan bisa tumbuh sampai 18,5 m.

7. Dinosaurus Tercepat

Dino paling cepat adalah Dromiceiomimus yang memiliki mimik menyerupai burung unta. Dia bisa lari dengan kecepatan 60 km per jam.

8. Dinosaurus Tertua

Dino paling tua yang pernah ditemukan berusia 230 juta tahun dan ditemukan di Madagasgar. Namun, mereka belum diberi nama resmi. Sebelum ini Eoraptor, yang berarti ‘pencuri fajar’, telah memegang gelar di 228 juta tahun.

9. Dinosaurus Dengan Nama Terpanjang

Dinosaurus yang memiliki nama paling panjang adalah Micropachycephalosaurus yang berarti kadal tebal berkepala kecil. Fosil hewan ini ditemukan di China dan diberi nama tersebut pada 1978 oleh ahli paleontologi China.

source

>>>Link ini Jangan Diklik Ya Entar nyesal deh Kalu Lihatnya


Yang ganteng, cantik atau baik hati, share dong di FB. Klik Like-nya ya :)

No comments:

Post a Comment